Rabu, 10 September 2014

strategi pemasaran

Baskin Robbins memakai strategy pemasaran utama 4-P, yaitu Product (Produk), Place (Tempat), Price (Harga), dan Promotion (Promosi)

1. Product (Produk) : Merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan

Disini produk yang dijual oleh Baskin Robbins adalah es krim karena es krim merupakan suatu camilan yang disukai hampir semua orang di seluruh dunia. Es krim yang dibuat pun bukan es krim biasa, karena es krim ini terbuat dari susu dan bahan-bahan alami tanpa ada pengawet sehingga kualitas dan rasa es krim dari baskin robbins tidak bisa dipungkiri kenikmatannya
Es krim yang ditawarkan oleh baskin robbins pun berubah-ubah rasa es krimnya agar pelanggan tidak bosan dalam menikmati es krim tersebut.

2. Place (Tempat) : merupakan faktor penting dalam perdagangan, bila lokasi penjualan tepat, maka penjualan akan lebih sukses dan meningkat

Tempat yang dituju oleh Baskin Robbins adalah Mall, khususnya dekat food court, karena mall merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi oleh banyak orang dan tujuan memilih dekat tempat makan, karena biasanya orang sehabis makan ingin memakan makanan penutup (dessert) dan es krim merupakan salah satu makanan penutup yang paling digemari banyak orang


3. Price (Harga) : merupakan suatu penentu dalam perdagangan dan harga yang dipatok harus sesuai dengan pasar sasaran

Harga yang dipatok oleh pihak baskin robbins untuk kalangan menengah ke atas. Harga yang dibilang relatif mahal ini dikarenakan oleh bahan-bahan yang digunakan untuk membuat es krim adalah alami dan 100% menggunakan susu murni, sehingga produk ini hanya dijual khusus para pecinta es krim yang benar-benar sangat menyukai dan ingin memakan es krim asli tanpa bahan kimiawi

4. Promotion (Promosi) : merupakan suatu strategi perdagangan dengan cara untuk meningkatkan pelanggan dengan cara memberikan berbagai event dan discount

Untuk meningkatkan pelanggan, Baskin Robbins mengadakan promosi-promosi yang menarik bagi para pelanggannya, salah satunya diskon harga bila membayar memakai kartu Bank Mega dan bonus es krim 30% bila menambah Rp 8000,-

Selain 4-P di atas, Baskin Robbins pun memakai suatu strategi servis yang unik untuk meningkatkan pelanggan, yaitu kita dapat mencoba es krim gratis sebelum membelinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar