Baskin Robbins memakai strategy pemasaran utama 4-P, yaitu Product (Produk), Place (Tempat), Price (Harga), dan Promotion (Promosi)
1. Product (Produk) : Merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan
Disini produk yang dijual oleh Baskin Robbins adalah es krim karena es
krim merupakan suatu camilan yang disukai hampir semua orang di seluruh
dunia. Es krim yang dibuat pun bukan es krim biasa, karena es krim ini
terbuat dari susu dan bahan-bahan alami tanpa ada pengawet sehingga
kualitas dan rasa es krim dari baskin robbins tidak bisa dipungkiri
kenikmatannya
Es krim yang ditawarkan oleh baskin robbins pun berubah-ubah rasa es
krimnya agar pelanggan tidak bosan dalam menikmati es krim tersebut.
2. Place (Tempat) : merupakan faktor penting dalam perdagangan, bila lokasi penjualan tepat, maka penjualan akan lebih sukses dan meningkat
Tempat yang dituju oleh Baskin Robbins adalah Mall, khususnya dekat food
court, karena mall merupakan tempat yang paling ramai dikunjungi oleh
banyak orang dan tujuan memilih dekat tempat makan, karena biasanya
orang sehabis makan ingin memakan makanan penutup (dessert) dan es krim merupakan salah satu makanan penutup yang paling digemari banyak orang
3. Price (Harga) : merupakan suatu penentu dalam perdagangan dan harga yang dipatok harus sesuai dengan pasar sasaran
Harga yang dipatok oleh pihak baskin robbins untuk kalangan menengah ke
atas. Harga yang dibilang relatif mahal ini dikarenakan oleh bahan-bahan
yang digunakan untuk membuat es krim adalah alami dan 100% menggunakan
susu murni, sehingga produk ini hanya dijual khusus para pecinta es krim
yang benar-benar sangat menyukai dan ingin memakan es krim asli tanpa
bahan kimiawi
4. Promotion (Promosi) : merupakan suatu strategi perdagangan
dengan cara untuk meningkatkan pelanggan dengan cara memberikan berbagai
event dan discount
Untuk meningkatkan pelanggan, Baskin Robbins mengadakan promosi-promosi
yang menarik bagi para pelanggannya, salah satunya diskon harga bila
membayar memakai kartu Bank Mega dan bonus es krim 30% bila menambah Rp 8000,-
Selain 4-P di atas, Baskin Robbins pun memakai suatu strategi servis
yang unik untuk meningkatkan pelanggan, yaitu kita dapat mencoba es krim
gratis sebelum membelinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar